Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 09 Desember 2010

Peternakan Plasma Ayam Broiler

                      
Apakah Perternakan Plasma itu  dan Untung - Ruginya ????


                  
                    Makin ketatnya kompetisi dalam bidang budidaya peternakan ayam ras (pedaging) ditandai dengan banyaknya bermunculan inti-inti baru diluar inti yang berasal dari pabrik dengan menawarkan berbagai macam kontrak harga dengan berbagai aneka merk sapronak. Hal ini membuat peternak plasma semakin mudah dalam memilih dan menentukan inti mana yang memberikan kontrak paling tinggi dan sapronak paling baik. Fakta ini mulai menepis pemberitaan bahwa peternak plasma merupakan pihak yang selalu di rugikan oleh pihak inti. Pihak plasma yang dulu menjadi korban dari kontrak yang rendah sampai sapronak yang jelek sehingga dalam setiap memelihara ayam peternak selalu mendapatkan hasil yang kecil kini mulai dapat dihindari.

                  Keberhasilan dalam produksi perunggasan faktor penentunya sangatlah banyak. Sudah jelas bahwa faktor manajemen pakan, manajemen kesehatan dan manajemen pemeliharaan paling menentukan berhasil-tidaknya usaha ini. Akan tetapi sebaik apa pun manajemen tersebut, bila tidak didukung kejujuran inti-plasma dalam dalam membuat data yang akurat tentunya akan membawa dampak yang akan mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu usaha. Dalam usaha peternakan unggas komponen recording yang harusnya mendapat perhatian diantaranya :






1.Populasi : mengetahui jumlah total individu ternak yang dipelihara sangatlah penting. Pada praktiknya jumlah populasi akan berimbas pada saat panen. Setiap kali DOC datang peternak harus harus menghitung dan menimbang bobot DOC supaya tidak tertipu ayam kurus ataupun kurang jumlahnya.



2.Deplesi (penyusutan) : Jumlah individu yang mati, afkir atau hilang harus selalu dicatat, karena setiap ada penyusutan dalam jumlah tertentu maka peternak akan mengubah program pemberian pakan yang disesuaikan dengan jumlah populasi yang terakhir.



3.Berat Badan : Data berat badan penting untuk ditampilkan mengingat secara kontinyu berpengaruh terhadap performans ayam, kualitas dan kebutuhan pakan.




4.Stok Pakan : Stok pakan yang digunakan oleh peternak untuk menunjang produksi. Kontrol stok pakan yang ketat akan meminimalkan “kebocoran” karena penyelewengan stok oleh peternak dapat merugikan inti.
Contoh kasus inti yang tidak jujur dan profesonal :
  1. pengiriman DOC, Pakan, Obat dan Panen (ekor/jumlah/merk/harga) tidak sesuai dengan kontrak yang ditawarkan meskipun selisih berapa rupiah-pun jika dikalikan populasi dan kilogramnya akan membuat peternak rugi puluhan juta, 
  2. pengontrolan dari PPL dan cek kesehatan dari dokter hewan jika tidak dilakukan juga akan merugian peternak jika sampai kondisi ayam sakit maka nilai kontrak dagingnya juga akan dihitung rendah.
Contoh kasus peternak yang tidak jujur dan profesional :
  1. menambah ayam/pakan saat panen saat harga pasar lebih rendah dari harga kontrak,
  2. mengurangi ayam/pakan saat performen jelek dan jika rugi di kontrak peternak tidak mengganti, dalam kondisi ini pihak inti rugi 2 kali, yaitu rugi karena harga pasar dan rugi karena peternak “curang”.
Ibarat pepatah ”sepandai-pandainya menyimpan bangkai akan tercium pula baunya” dalam hal ini baik inti-plasma yang melakukan kecurangan akan bisa diketahui karena dalam pemeliharaan unggas sudah ada recording dan standart yang jelas, seperti contoh ayam bobot sekian, umur sekian, menghabiskan pakan sekian.

Mewujudkan kemitraan yang sehat, Inti-Plasma harus menerapkan prinsip SUB (strategi usaha bisnis) dan SP (strategi perusahaan) secara jujur dan profesonal. SUB menitik beratkan pada sistem, teknologi budidaya, dan manajemen yang baik sehingga diperoleh hasil yang optimal. Sedangkan prinsip SP adalah keharmonisan hubungan horisontal antara inti atau plasma supaya kegiatan usaha tetap berjalan.


Dari data/kasus diatas, perlulah mendapat perhatian oleh inti-plasma untuk menjadikan data tersebut ke dalam sebuah recording yang terintegrasi. Recording yang akurat akan mempermudah inti maupun peternak melakukan evaluasi, mengontrol dan memperdiksi tingkat keberhasilan usaha. Semoga pengalaman ini menjadi bahan pelajaran berharga kita semua baik inti maupun plasma, sekiranya kita dapat menjadi inti atau plasma yang jujur dan professional, insyaAllah rejeki juga akan mengalir sesuai dengan jerih payah dan kerja keras kita.

Program pemeliharaan ayam broiler sejak pemasukan ayam (chick in) hingga pemanenan telah diatur oleh peternak inti, sehingga peternak plasma tinggal menjalankan program pemeliharaan yang telah diperintahkan. Magang hari pertama kami beserta pemilik kandang melakukan pemasukan DOC kedalam kandang. Setelah hari sebelumnya dilakukan desinfektanisasi pada kandang dan peralatan.
Sesuai dengan perjanjian antara peternak inti dengan peternak plasma, segala hal yang telah berhubungan dengan pemeliharaan ayam broiler seperti penyediaan DOC, pakan, vaksin, vitamin tambahan dan sebagainya harus dibeli melalui peternak inti.

Hari ke tiga, Setelah DOC berada di kandang maka akan dilakukan vaksinasi ND sesuai dengan petunjuk yang telah diatur oleh peternak inti. Vaksin diambil langsung dari kantor peternakan inti yang juga merupakan kantor PS (Poultry Shop). Sebelum melakukan vaksinasi, vaksin diencerkan dengan bahan pengencer yang berwarna biru.

Pemberian pakan dilakukan sehari tiga kali dan pemberian minum diberi tambahan berupa vitamin dan mineral. Pemanas kandang dengan memanfaatkan batu bara atau briket yang dibeli secara borongan dipasar dan menggunakan sekam yang fungsinya sekaligus menjaga kelembaban dalam kandang dan membunuh virus dan bakteri yang terbang bebas di udara dalam kandang.

                 Keuntungan menjadi peternak plasma adalah keuntungan bisa diperkirakan, tidak memikirkan perubahan harga ternak ayam broiler dipasaran karena harga jual ayam telah ditetapkan melalui perjanjian yang disetujui oleh peternak plasma dan peternak inti, tidak memikirkan pemasaran karena ayam yang siap panen akan dibeli oleh peternak inti, dan segala masalah yang terjadi saat pemeliharaan dibantu penyelesaiannya oleh TS (Technical Service) Poultry Shop. Kelemahan menjadi peternak plasma tidak bisa mendapatkan untung lebih banyak, tidak dapat mejual ternak dengan harga lebih tinggi, terikat kontrak dengan peternak inti.

                Terlepas dari kelebihan dan kekurangan, bisnis peternakan ayam broiler ini memberikan manfaat bagi masyarakat kecil yang ingin berwirausaha. Usaha ini bisa mengurangi jumlah pengangguran di daerah dan membuka lapangan usaha baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar